Membuat Tanam Zen Minimalis

Zen Garden adalah sebuah taman khas kuil di Jepang. Taman ini memiliki ciri khas permukaan yang sebagian besar ditutup oleh pasir kasar, beberapa batu taman berukuran sangat besar, dan dilengkapi sejumlah aksesoris keagamaan (Budha). Zen Garden sudah ditiru di berbagai tempat, mulai dari rumah, taman kota, halaman kantor, sampai dalam bentuk mini yang bisa diletakkan di atas meja. Nah, bagi Anda yang berminat memiliki Zen Garden di rumah, simak langkah-langkah membuatnya berikut ini.

Yang perlu disiapkan

Halaman rumah berukuran minimal 2m X 2m. Pastikan halaman rumah ini berkanopi, karena Zen Garden adalah taman kering yang tidak boleh terkena air, kecuali bagian tumbuhannya.

Pasir granit, pasir pantai, atau kerikil kacang (jumlah sesuai dengan ukuran halaman).

Batu boulder (batu taman berukuran besar, disesuaikan dengan ukuran halaman)

Rumput gajah mini

Sekop untuk menanam rumput

5 Plastik polybag ukuran besar

Sapu garuk

Semen

Stepping stone (pijakan kaki saat melangkah/melewati halaman), bisa buat sendiri atau membeli

Tanaman dalam pot besar

zen garden

Langkah-langkah membuat Zen Garden

  1. Gambar sketsa

Terlebih dahulu, gambar dengan skala bagaimana nantinya Zen Garden yang diinginkan. Di mana letak batu, rumput, stepping stone, dan tanaman akan diletakkan.Dengan gambar ini, Anda memiliki patokan rencana dan desain yang jelas.

  1. Ratakan halaman

Zen Garden membutuhkan permukaan yang rata agar mudah diatur dan diperbaiki. Untuk itu, ratakan permukaan halaman terlebih dahulu.

  1. Pasang stepping stone

Terlebih dahulu, pasang stepping stone sesuai desain yang ada. Rekatkan stepping stone dengan semen, agar menancap di tanah. Biarkan sampai kering dan kokoh.

  1. Tanam rumput

Tanam rumput gajah mini sesuai sketsa desain. Umumnya, area untuk rumput ini hanya sekitar 20% dari luas halaman. Zen Garden adalah halaman yang lokasi setiap elemennya tampak tidak beraturan, jadi sebaiknya area untuk rumput dibuat dengan bentuk acak, tidak di sudut tertentu atau geometris. Tunggu sampai rumput tumbuh rata di area yang diinginkan.

  1. Taburkan pasir

Sebelum pasir ditaburkan, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa pasir ini nantinya tidak akan ditumbuhi oleh tumbuhan apapun. Pasir di Zen garden harus bersih dari rumput liar. Karenanya, lapisi permukaan tanah yang kosong (selain yang ditanamai rumput dan dipasangi stepping stone) dengan polybag, atau plastik semacamnya yang cukup tebal. Baru kemudian taburkan pasir di atasnya, sampai tertutup sempurna. Akan lebih baik lagi jika ketebalannya mencapai 10 cm.

  1. Peletakan batu dan tanaman

Letakkan beberapa batu boulder dan tumbuhan pot secara acak. Jika halaman sempit, sebaiknya hanya meletakkan batu di 2 atau 3 titik. Jumlah tanaman pun jangan banyak. Zen garden bukanlah model taman hijau yang memerlukan banyak tumbuhan.

  1. Menggaruk pasir

Garuklah pasir mengitari batu, rumput, dan tanaman pot. Garuk juga dengan pola horizontal yang meliuk-liuk. Garukan ini harus halus, tidak boleh sampai ada bekas kaki yang terlihat.

Tadaaa! Kini Anda sudah memiliki Zen Garden sendiri. Untuk halaman yang cukup luas, Zen Garden bisa dilengkapi dengan kolam batu dan perlengkapan taman lainnya yang bercorak kuil, misalnya pilar pagoda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *