Empat Langkah Praktis Perpustakaan Kecil di Rumah

Cobalah empat tips mudah untuk mengatur perpustakaan di hunian yang luasnya relatif sempit

Jika Anda seorang kutu buku, atau minimal memiliki hobi membaca, punya koleksi buku tentu menjadi obsesi tersendiri. Namun, bagaimana kalau hunian Anda sangat terbatas untuk menyimpan setumpuk buku-buku tebal tersebut? Terlebih kalau Anda bertempat tinggal di apartemen, urusan menata ruang tentunya menjadi beban tersendiri. Jangan pesimis dulu, Rumah.com menyajikan 4 tips mudah untuk menata buku Anda lebih rapi di dalam hunian.

1. Gunakan Rak Fleksibel

Jejeran buku diatas rak fleksibel ini bisa menjadi dekorasi dinding yang cantik untuk ruang utama Anda.Rak fleksibel atau yang sering disebut adjustable shelving sering menjadi pilihan interior designer dalam merancang perpustakaan mini di ruang terbatas.Sifatnya yang fleksibel dan bisa di pasang sesuai ketinggian dan ukuran yang diinginkan memberi kemudahan dalam menata koleksi buku Anda. Anda juga bisa menambahkan rak dengan lekukan di kedua ujungnya untuk mencegah buku-buku terjatuh dari rak.

2. Optimalkan Fungsi

Apa yang lebih nyaman dari kamar tidur yang di kelilingi oleh buku? Jika ruang utama di apartemen Anda cukup sempit, Anda bisa memindahkan koleksi buku ke dalam ruang tidur dan menatanya serapi mungkin agar menghadirkan kesan arsitektur yang berbeda.Seringkali orang lengah menjaga kedislipinan perpustakaan mininya dengan menaruh benda selain buku di areal rak. Pastikan rak buku Anda hanya terisi dengan buku, bukan barang lain seperti laptop, kaleng, compact disc, dan lainnya.Dengan meletakkan barang yang sesuai dalam satu area, ruang apartemen Anda akan terlihat lebih rapi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kotak untuk menyimpan barang-barang tersebut namun tetap letakkan di tempat lain seperti di bawah kasur atau lemari.

Urutkan Sesuai Ukuran

Anda juga bisa meletakkan rak penuh berisi buku di belakang sofa yang nyaman di ruang utama. Dapatkan suasana perpustakaan yang nyaman ketika membaca buku sembari meminum segelas kopi.Untuk membuat perpustakaan mini Anda terlihat lebih artistik, urutkan koleksi buku sesuai dengan ukuran tingginya. Ahli penataan ruang dan buku merekomendasikan agar buku di letakkan sesuai dengan nama pengarang atau judul secara alfabet.Jadi ketika sedang terburu-buru mencari salah satu buku, Anda bisa lebih cepat menemukannya. Namun jika ingin memberi sentuhan berbeda, urutan tinggi buku ini juga bisa di variasikan sesuai selera, menyerupai ombak ataupun segitiga.

Kelompokkan Sampul

Manfaatkan lorong panjang di rumah Anda sebagai perpustakaan mini. Caranya, cukup dengan menambah empat baris rak yang berjejer rapi dengan dekorasi lampu terang untuk memudahkan Anda menemukan buku yang sedang dicari.Anda bisa membuat tampilan perpustakaan di apartemen Anda lebih rapi dengan mengurutkannya sesuai dengan tipe sampul. Misalnya beberapa buku dengan sampul hardcover harus di letakkan di deretan yang sama.Begitu pula dengan buku yang di sampul tipis. Dengan begitu, ketika ingin menarik buku-buku yang terhimpit di deretan rak, Anda bisa meminimalisir resiko kerusakan sampulnya.Tambahkan rak menjadi beberapa deret jika Anda memiliki koleksi buku yang banyak. Tapi pastikan Anda memiliki ruang ekstra agar apartemen Anda lebih rapi. Selamat merancang perpustakaan idaman Anda!.

source :http://properti.liputan6.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *